banner 728x250

Ilham Akbar Habibie: Pemilu yang Adil Akan Menghasilkan Pemimpin Terbaik

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, benar.id – 8 Februari 2024, Ketua Dewan Penasihat Forum Dialog Nusantara (FDN), Ilham Akbar Habibie, menegaskan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan menghasilkan pemimpin terbaik jika dilaksanakan dengan adil dan fair.

Pernyataan ini disampaikan dalam diskusi bertajuk “Pilpres dan Memulihkan Distorsi Kompetisi Menjadi Kompromi” yang digelar FDN di Perpustakaan Habibie & Ainun, Jakarta.

Menurut Ilham Habibie, kompetisi merupakan salah satu asas demokrasi yang penting. Sama seperti sistem ekonomi pasar, kompetisi hanya akan efektif dan menghasilkan yang terbaik jika berjalan dengan adil.

“Kata kunci kompetisi dalam konteks demokrasi atau ekonomi pasar itu harus dilakukan dengan catatan yang perlu digarisbawahi fair,” ujar Ilham Habibie.

banner 325x300

Ia menambahkan bahwa kompetisi tidak akan berjalan efektif menjadi mekanisme penghasil yang terbaik jika tidak berjalan adil.

Dalam konteks politik, Ilham Habibie menekankan bahwa kompetisi terutama terkait ide dan program yang bisa membawa Indonesia mencapai tujuannya, termasuk visi Indonesia Emas 2045.

“Rakyat bukan hanya memilih sosok pemimpin, tetapi juga bagaimana program-program kandidat membawa Indonesia mencapai tujuannya,” kata Ilham.

“Siapa yang paling kita percaya, bukan orangnya saja, tetapi programnya, kemampuannya untuk implementasi. Itu semuanya menjadi satu paket,” tambahnya.

Ilham Habibie juga menyinggung tentang proses kompromi pasca pemilu. Menurutnya, kompromi yang dimaksud adalah perhatian dari pemenang kepada pihak yang kalah, bukan bagi-bagi kue kekuasaan.

“Kalau kompromi itu artinya kita bagi-bagi kue atau bagi-bagi kekuasaan, nanti justru apa yang menjadi mandat kita membawa bangsa dan negara menuju tujuan yang kita sepakati, itu bukan kompromi yang baik menurut saya,” tegas Ilham Habibie.

Dengan demikian, Ilham Habibie mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024. Dengan pemilihan yang adil dan fair, diharapkan akan lahir pemimpin terbaik yang mampu membawa Indonesia mencapai tujuannya.

Tentang Forum Dialog Nusantara (FDN)

Forum Dialog Nusantara (FDN) adalah organisasi non-profit yang berfokus pada peningkatan kualitas dialog antar elemen masyarakat dalam rangka membangun Indonesia yang lebih baik.

FDN berkomitmen untuk menjadi wadah diskusi dan dialog konstruktif antar berbagai elemen masyarakat.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *